Mengenal Lebih Dalam Mengenai Apasih Waterstop Itu???

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Apasih Waterstop Itu???

Memangnya waterstop itu apasih? Kenapa artikel ini membahas mengenai waterstop? Apa memang fungsinya bagi kehidupan kita sehari-hari?. Oke simak ya penjelasannya berikut:

Arti dari waterstop ialah suatu proses pengerjaan yang dilakukan pada penyambungan celah beton. Salah satu jenis dari waterstop yaitu PVC waterstop. PVC waterstop yaitu sebuah bahan yang mempunyai sifat yang lentur. Nah kelenturan bahan tersebut sama dengan tekstur sebuah karet dan biasanya di gunakan untuk sambungan beton. Ukuran pvc waterstop berbagai variasi, ukuran lebar yang terkecil 15 cm sedangkan ukuran yang sangat lebar yaitu 32 cm. Selanjutnya pvc waterstop memiliki banyak tipe yang pemaikaiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu contohnya seperti WSF 150, WSH 250, WSRR 200 dan lain sebagainya.

Dengan kelenturan yang dimiliki maka banyak yang minat menggunakannya. Pvc waterstop biasanya digunakan untuk berbagai macam tempat, contohnya seperti bendungan, atap beton, sambungan beton, kolam renang, untuk sambungan antara dinding dan lantai, atau juga bisa digunakan dalam sambungan beton lantai. Dipasangnya pvc waterstop dapat mencegah air yang akan masuk ke dalam sebuah bangunan melewati sambungan beton. Atau secara umumnya pvc waterstop memiliki fungsi yaitu untuk mencegah terjadinya sebuah kebocoran.

Di dalam tulangan beton terdapat material seperti besi tulangan, semen, dan juga pasir. Dari semua bahan bangunan tersebut tidak menutup kemungkinan untuk air bisa masuk melalui celah yang ada di sekitarnya. Hal tersebut biasa kita sebut dengan sebutan rembesan air. Nah lanjut ya, jika rembesan air bisa menembus ke dalam tulangan beton maka dapat dipastikan besi mengalami korosi. Setelah beton mengalami korosi maka kira-kira apa yang terjadi? Anda bisa menjawabnya sendiri apa yang akan terjadi? iya jelas berbahaya dan membahayakan sekali hal tersebut. Oleh karena itu, kita dapat mengantisipasi akan terjadinya sesuatu yang dapat membahayakan diri kita sendiri dan harus mencari ide untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak terjadi kebocoran dalam beton.

Apa yang harus kita perhatikan? Tentunya material yang bermanfaat dan memiliki banyak fungsi dan tentunya bisa tahan lama serta tahan air. Eittsss selain itu, juga harus aman ya bahan materialnya. Jadi solusinya ialah dengan menggunakan pvc waterstop.

Secara umum pvc waterstop memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. untuk mencegah kebocoran.
  2. Untuk menahan tekanan pada beton

Fungsi ini maksudnya ialah dengan pemasangan waterstop maka beton akan lebih tahan lama atau awet. Kenapa bisa seperti itu? Karena waterstop mampu menahan tekanan air yang bisa merembas masuk ke sambungan beton. Sehingga pemasangan ini perlu dipakai oleh tukang apabila bangunannya ingin semakin aman.

  1. Untuk menahan beton agar tidak mengalami penyusutan

Adapun kelebihan dari pvc waterstop yaitu:

  1. Bahannya bersifat praktis, sehingga mudah untuk proses pemasangan.
  2. Mampu menahan rembesan air, atau kedap air.
  3. Memiliki tekstur yang fleksibel mudah dalam penyesuaian pemasangan sesuai dengan bentuk beton
  4. Dengan menahan rembesan air namun kualitas dari pvc waterstop tidak mengalami penurunan kualitas.
  5. Mengalami penyusutan sehingga cocok di gunakan untuk jangka panjang.
  6. Tekstur yang lentur seperti karet tidak membuatnya mudah sobek

Terima kasih sudah berkunjung di halaman kami, semoga penjabaran di atas dapat membantu anda mengenal lebih dalam lagi mengenai pvc waterstop yaa.